Yayasan Amaliah Astra tegaskan pentingnya kesehatan pesantren

Jakarta, Media Realita News - Yayasan Amaliah Astra melalui Masjid Astra menggelar webinar kesehatan pesantren, Minggu (10/4) secara daring bertema “Pesantren Sehat Kebanggaan Umat” diikuti 53 pondok pesantren dari 11 provinsi. 

Pembicara utama acara ini adalah dr. Mohammad Afif pendiri Gerakan Pesantren Sehat (GPS), dan pemenang Penghargaan SATU Indonesia Awards 2019 dari Astra bidang kesehatan.

“Menjaga kebersihan dan kesehatan amat penting. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di pondok pesantren melibatkan semua elemen masyarakat yang ada, termasuk ustadz, pengurus, tamu kunjungan, dan masyarakat setempat. PHBS juga hal pertama mencegah berbagai penularan penyakit,” jelas dr. Mohammad Afif. 

Tema kesehatan pesantren selaras juga dengan program Kementrian Agama (Kemenag). Tahun lalu, Kemenag menyusun Pedoman Perilaku Hidup Bersih Sehat Pesantren.

“Kami terus menggaungkan perbaikan kesehatan pesantren, karena topik ini sangat penting untuk dikaji, agar pesantren bisa menjadi tempat yang lebih nyaman dalam mencari ilmu,” ujar Agung Kurniawan Ketua Bidang Administrasi Keuangan Yayasan Amaliah Astra. 

Yayasan Amaliah Astra terus memberi perhatian dan menjalin hubungan baik kepada komunitas pesantren dan penghafal Qur’an. Beberapa tahun ini, banyak program yang ditujukan untuk komunitas ini, antara lain Lomba Murottal Qur’an Online, Lomba Tahfidz Qur’an Nasional Online serta Program Beasiswa Amaliah Astra untuk santri. Dan hari ini, terselenggara program Webinar Pesantren dengan tema Pesantren Sehat Kebanggaan Umat.***

Lebih baru Lebih lama