Kapolri promosikan Kombes Pol Sambodo menjadi Bintang Satu

Jakarta, Media Realita News - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan perombakan posisi strategis perwira menengah (pamen) hingga perwira tinggi (pati), salah satunya jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Keputusan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit yang mempromosikan Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo menjadi bintang satu dan menjadi Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Kapolri (Karojakstra Srena Polri). 

Keputusan Kapolri ini dispresiasi, dan didukung publik karenakan Polri sangat membutuhkan figur yang cerdas dan mampu mengimplementasikan visi kapolri dalam mendukung penguatan Polri agar lebih dinamis. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.

Azmi Hidzaqi kordinator LAKSI (Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia) mengatakan, Kombes Pol Sambodo dinilai berhasil mengemban tugas selama masa tugas sebagai Dirlantas PMJ untuk itu Kombes Pol Sambodo dinilai patut naik menjadi Brigjen. Selain itu, Sambodo merupakan sosok polisi yang dinilai memiliki komitmen kuat dalam menerapkan aturan hukum dan kuat menjaga visi Polri yang presisi. Sambodo dianggap memiliki banyak prestasi sehingga wajar mendapat promosi. 

"Kami yakin beliau akan berhasil membangun visi polri yang lebih profesional dan modern. Masyarakat turut mendoakan dan menaruh harapan kepada Brigjen Sambodo dapat menjalankan amanah dengan sebaik mungkin," katanya. 

Promosi jabatan yang diterima Kombes Sambodo Purnomo Yogo disebutnya merupakan hasil usaha totalitas selama menjadi Dirlantas Polda Metro Jaya sejak 2020.
Lulusan Akpol tahun 1994 itu melakukan sejumlah terobosan dalam aturan lalu lintas. Sambodo pun dinilai tegas dalam menindak anggota polantas yang kerap melakukan pelanggaran etik.

Sejumlah kegiatan inovasi yang dilakukan yakni Street Race menjadi salah satu inovasi kebijakan yang dilakukan Ditlantas Polda Metro di bawah kepemimpinan Kombes Sambodo. Lewat kegiatan tersebut Sambodo menekankan agar budaya balap liar di jalan bisa dihilangkan.

Selain itu Kombes Pol Sambodo dinilai merupakan sosok polisi yang humanis, cerdas, dan inovatif, selain itu  beliau juga sangat peduli terhadap kesehatan anak buahnya, apabila mengalami insiden dalam pelaksanaan tugas. 
Beliau berperan besar dalam pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Kebijakan lalu lintas yang dijalankannya membuat lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran di wilayah hukum Polda Metro Jaya tergolong lancar.***
Lebih baru Lebih lama