Ngadiman Kades Yang Jenius di Bidang Pertanian, Lahan 1 Hektar Modal 50 Juta Jangka Waktu 58 Hari Bisa Mendapatkan Untung 150 Juta



SRAGEN - Media Realita News.com -  Inilah Kepala Desa Cepoko, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Ngadiman dinilai telah berhasil menggugah dan menjadi inspirasi para kades yang lainnya dan para petani untuk menanam bawang merah sehingga tidak ragu dan khawatir gagal. Kamis (16/2/2023)


Awalnya selalu mengalami kegagalan dan kesulitan menjadi petani bawang merah, berbekal dari pengalaman dan pelatihan yang didapatkan dari simulasi metode eksperimen ingin selalu belajar mencoba dan terus mencobanya.


Kini tidaklah sia-sia ternyata benar, kegagalan adalah guru yang paling berharga kita bisa bangkit menjadi orang sukses, kalao kita tidak putus asa selalu tetap mencoba dan mau terus berusaha belajar dari kegagalan, pasti akan memetik hasilnya." Jelasnya Kades Ngadiman.


Selain mempelopori bertani bawang merah, Ngadiman juga mengembangkan pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan bahan alami, seperti pupuk kandang, sekam, bekatul untuk di olah menjadi pupuk organik.


Ngadiman yang juga aktif dalam kelompok tani di desa cepoko menandaskan bahwa masa panen bawang merah yang hanya 58 hari telah menjadi perhatian khusus dari warga karena dalam waktu singkat bisa panen.


"Alhamdulilah, dalam jangka waktu 58 hari sudah panen, dengan bibit 1 KG bisa berkembang menjadi 6 KG, dan 1 hektar lahan sawah bermodal 50 Juta buat tanam bibit bawang merah dalam jangka 58 hari bisa panen dan mendapatkan keuntungan 150 juta." Ungkapan Ngadiman Kades Cepoko. ***


(SRIYADI)

Lebih baru Lebih lama