Pimred Media Realita News, Ajak Seluruh Wartawannya Taat UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik serta Aturan Redaksi

Banyumas, Media Realita News - Pemimpin Umum/Redaksi Ardhi Solehudin mengajak seluruh anggota wartawannya untuk taat pada UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik, dan juga menjaga kebersamaan sesama anggota Media Realita News khususnya, maupun sesama profesi di luar Realita News, serta mengutamakan aturan dan taat pada redaksi dalam acara Jumat Curhat di kantor redaksi jln Patikraja Banyumas nomor 14, Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, Jumat (17/02/2023).


Lanjut Ardhi Solehudin, karena Pers merupakan alat kontrol bagi pemerintah yang memiliki hak untuk mengkritisi kebijakan yang dikeluarkan oleh legislatif, yudikatif dan eksekutif. Pers dapat menyalurkan kritikan melalui media yang berbentuk pemberitaan atau informasi.


Pers juga merupakan pilar ke empat demokrasi sangat berperan dalam berbagai bidang di antaranya pembangunan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain lainnya. Maraknya pemberitaan berita bohong (hoax), merupakan salah satu alasan kenapa pers sangat dibutuhkan.


Karena Pers juga dituntut memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan informasi secara jujur, akhurat, dan berimbang pula sehingga informasi yang disampaikan berimbang dan tidak terjadi kesalahpahaman informasi yang diterima oleh masyarakat, bahwa selain dari hal tersebut maka sebagai seorang profesi jurnalis harus juga mementingkan kepentingan redaksinya, berdasarkan aturan atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh redaksi jangan hanya untuk kepentingan pribadinya khususnya wartawan realita news,ucap Ardhi Solehudin.


Oleh karenanya Pers juga sangat berperan sebagai penyambung lidah bangsa serta kontrol sosial yang berfungsi memonitor kinerja pemerintahan agar lebih berkualitas. Untuk mengimplementasikan hal tersebut, para jurnalis atau pewarta harus menguasai tehnik dalam penulisan berita yang mencakup 5W+1H agar informasi yang disampaikan tepat, akurat dan terpercaya seperti Motto dari realita news, imbuhnya.


Jika sinergitas antara para jurnalis atau pewarta dengan instansi, institusi pemerintah terjalin dengan baik, maka untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas demokrasi dalam sebuah negara akan tercapai dengan baik, dan sebagai profesi wartawan yang bernaung di sebuah media pun harus juga saling bersinergi dan koordinasi dengan redaksi setiap menjalankan aktivitas, oleh karena itu apabila terjadi apapun di lapangan jelasnya redaksi yang selalu memberikan perlindungan pertama, maka dengan ini semoga bermanfaat dan tetap semangat khususnya wartawan Realita News agar selalu bersikap santun dan mengedepankan disiplin terutama terhadap redaksi, Pungkasnya.***

Lebih baru Lebih lama