Persiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Polres Semarang Gelar Rakor Linsek


Semarang, Media Realita News Com -Menghadapi perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H dan arus mudik yang akan memasuki/melintas di wilayah Kab. Semarang, Polres Semarang menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) bersama Forkopimda Kab. Semarang Jumat Sore, 14 April 2023. 


Mengambil lokasi di Gedung Wanita komplek pendopo Bupati Semarang, kegiatan kali ini selain dihadiri Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra  SIK. MM., juga dihadiri jajaran Forkompimda Kab. Semarang diantaranya Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha SH. MH., Dandim 0714/ Salatiga Letkol Inf. Ade Pribadi Siregar SE. MSi., dan Kajari Kab. Semarang DR. Rr. Theresia Tri Widorini SE. AK. SH. MH., tampak pula PJU Polres Semarang, Kapolsek Jajaran Polres Semarang, Danramil Jajaran Kodim 0714/Salatiga, Dan Sub Denpom IV/3 Ambarawa, Kepala dinas Pemkab. Semarang serta perwakilan pengelola wisata, Rest Area KM 429 dan Rest Area 456 Jalur A+B. 


"Tujuan kegiatan Rakor kali ini guna menyamakan persepsi dalam kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan persiapan gelaran Ops. Ketupat Candi 2023. Tentunya dengan mengedepankan kearifan lokal dan humanis dalam memberikan pelayanan." Ungkap AKBP Oka saat memberikan sambutan. 


Kapolres kembali menambahkan bahwa Polres Semarang akan menyiapkan 10 Pos terdiri dari 1 Pos Terpadu, 3 Pos Pelayanan dan 6 Pos Pengamanan. Dimana personil yang terlibat yaitu sebanyak 486 personil,  dan akan ditempatkan pada pos pos tersebut serta tim urai arus yang akan stand by di titik titik rawan kemacetan. 


"Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dapat berjalan dengan kondusif, serta masyarakat yang melakukan mudik dapat berjalan dengan aman, lancar,  dan nyaman." tandasnya. 


Kapolres juga menyampaikan ada 8 titik rawan kemacetan selama arus mudik maupun balik, yaitu Rest Area 429, Rest Area 456 jalur A dan B, Jalan utama Ungaran-Bawen, Simpang Tiga Bawen, Exit Tol Bawen, Jalur Wisata Bandungan dan Jalan utama Tuntang. 


Di sisi lain Bupati Semarang Menyampaikan bahwa pihaknya dalam hal ini jajaran OPD akan membantu serta mendukung penuh guna mewujudkan keamanan, kelancaran dan kenyamanan pengamanan Hati Raya Idul Fitri 1444 H. 


Dandim 0714/Salatiga Letkol Ade Pribadi juga memaparkan pihak jajaran TNI wilayah Kodim 0714/Salatiga bersama Pemkab. Semarang siap membantu pihak Polres Semarang, dengan memberikan pelayanan yang humanis kepada masyarakat yang memasu atau singgah di wilayah Kab. Semarang. 


Seperti halnya Bupati Semarang dan Dandim 0714/Salatiga, Kajari Kab. Semarang DR. Rr. Theresia, juga menyatakan siap membantu kegiatan pengamanan Idul Fitri 1444 H pada wilayah Kab. Semarang. 


Dalam kegiatan ini Kasat Lantas Polres Semarang AKP Dwi Himawan C. SIK, MM., juga memaparkan rekayasa lalu lintas pada titik rawan macet dan lokasi lokasi wisata. Dimana pihaknya berkerjasama dengan pengelola Tol Semarang-Solo (TMJ) dan Unit PJR Tol Polda Jateng, yang rencananya akan menerapkan sistem One Way dari Semarang menuju arah Solo bagi pemudik pada ruas jalan Tol, yaitu pada tanggal 18 April 2023 pada pukul 14.00 Wib hingga pukul 00.00 Wib atau berlaku tentative melihat situasi di lapangan. 


Berkaitan tentang pembatasan angkutan barang non Sembako/pangan akan dimulai mulai tanggal 17 April 2023 pukul 00.00 Wib. 


Kapolres bersama Forkopimda Kab. Semarang berharap kegiatan pengamanan dengan sandi Ops. Ketupat Candi 2023 di Kab. Semarang dapat berjalan berkesinambungan, lancar, kondusif dan nyaman. ***

Guse

Lebih baru Lebih lama