Pastikan KTT AIS Aman, Kapolri Cek Posko Satgas Gakkum


𝐉𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬.𝐜𝐨𝐦 -- Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. didampingi Kabareskrim, Kakorlantas, Kapolda Bali, Asops, Kadivhumas Polri, Kadiv Propam Polri, Kapusdokkes Polri, Dirtipiddum Bareskrim Polri, dan rombongan pejabat lainnya meninjau Posko Gakkum Ops Tribrata Agung di Hotel Paragon, Jimbaran, Bali, Selasa (10/10/2023).


Kedatangan Kapolri ingin mengecek dan mengetahui kesiapan pengamanan dari Satgas Gakkum Bareskrim Polri yang tergabung juga dengan Satgas lainnya seperti dari Bais TNI, Kominfo, BSSN dalam rangka KTT AIS Forum 2023.


Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H. mengatakan, untuk pengamanan KTT AIS, Polri menggelar Operasi Tribrata Agung dengan melibatkan 4.286 personel yang terbagi dalam 8 Satgas, yaitu Satgas I Preemtif, Satgas 2 Preventif, Satgas 3 Walrolakir, Satgas 4 Tindak, Satgas 5 Gakkum, Satgas 6 Anti Teror, Satgas 7 Humas dan Satgas 8 Banops. 


"Dalam operasi ini Reskrim berada di Satgas 5 Gakkum. Satgas ini terbagi ke dalam tiga subsatgas, yaitu Subsatgas Siber dan Subsatgas Pidum, dan Bantek," kata Kabid Humas.


"Salah satu tugasnya adalah melaksanakan penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku tindak pidana pada pelaksanaan KTT AIS Forum. Monitoring dan melakukan penindakan kejahatan siber yang mengganggu pelaksanaan KTT AIS," sambungnya.


Kabid Humas menyatakan, sepanjang ini, situasi terpantau relatif aman dan kondusif dan tamu negara sampai dengan tepat waktu tanpa ada gangguan kriminalitas sekecil apapun.


"Kita sudah punya SOP untuk pengamanan pengawalan pada KTT ini, SOP yg diterapkan kita berkoordinasi dengan TNI dan lainnya. Personel Polri ditempatkan di sejumlah titik untuk meminimalisir adanya kriminalitas yang bisa mengganggu perjalanan tamu VVIP. Kita jamin keamanan para tamu VVIP dan seluruh delegasi KTT AIS saat berada di Bali," tegasnya.

Lebih baru Lebih lama