KOMITMEN TIM SUKSES PEMENANGAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA MAGELANG

Polres Magelang Kota mengadakan acara "Komitmen Bersama Paslon dan Tim Sukses Pemenangan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Magelang" bertempat di Aula Mako 1 Polres Magelang Kota (28/9).

MAGELANG - Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Magelang, Kapolres Magelang Kota, Dandim 0705 Magelang, Kajari Kota Magelang, Kepala Pengadilan Negeri Kota Magelang, Ketua KPU Kota Magelang yang diwakili Komisioner Div Teknis Penyelenggara, Ketua Bawaslu Kota Magelang, Pejabat Utama Polres Magelang Kota, serta Paslon Walikota dan Wakil Walikota Magelang.

Dalam sambutannya Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT atas nama pribadi dan pemerintah Kota Magelang, menyampaikan apresiasi kepada Kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini Polres Magelang Kota, yang menginisiasi agenda pada hari ini sebagai upaya menciptakan kondusifitas Kota Magelang menyongsong diselenggarakannya Pilkada di Kota magelang pada 9 Desember 2020. 

"Paslon diharapkan berkomitmen penuh mematuhi peraturan terkait pemilu, juga berperan aktif menegakkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada 2020.Dalam pelaksanaan tahapan Pilkada, Paslon dan tim suksesnya agar memegang teguh dan memahami sistem demokrasi," ujar Sigit.

"Perbedaan menjadi hal lumrah dalam pemilu, tapi jangan sampai memecah persatuan dan kesatuan,ada dua paslon Pilkada Kota Magelang, keduanya sama-sama ingin membawa Kota Magelang ke arah lebih maju,pendidikan politik harus diterapkan.Tidak sekadar menyampaikan tapi juga memberi contoh (yang baik)," jelas Wali Kota.

Di tempat yang sama Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan mengatakan Pemilihan Kepala Daerah 2020 merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat secara konstitusional yang dilindungi undang-undang, maka diperlukan penegasan pengaturan agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

"Untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada /penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada adaptasi kebiasaan baru, dengan ini Kapolri mengeluarkan maklumat," ujar Kapolres.

Pelaksanaan pemilihan 2020 harus tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan, pencegahan, serta protokol kesehatan Covid-19. 

"Penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terkait para setiap tahapan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," jelasnya.

Pengerahan massa pada setiap tahapan pemilihan diminta tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilihan setelah selesai melaksanakan setiap kegiatan tahapan, semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib tanpa arak-arakan, konvoi, atau sejenisnya.

Kapolres juga menambahkan apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Magelang Ibu Sukorini Sadewi Tyastuti KPU Kota Magelang sebagai badan penyelenggara Pilkada Kota Magelang siap dalam membantu Polri dalam menjaga kondusifitas Kota Magelang.

Ketua Bawaslu Kota Magelang Ibu Endang Sri Rahayu A, S.E.mengatakan  Badan Pengawas Pemilu Kota Magelang akan selalu mengawasi setiap tahapan Pilkada di Kota Magelang dan siap membantu Polri dalam menjaga kondusifitas Kota Magelang. ***

[DISINFORMASI] FOTO JALAN BERNAMA "HABIEB RIZIEQ TAK BISA PULANG"

Beredar pesan di media sosial Facebook sebuah foto jalan bernama “Habieb Rizieq tak bisa pulang”. Dengan tambahan narasi "Alhamdulillah ya Drun?! Akhirnya nama junjungan nya kalian di Abadikan sebagai nama JLN. Take A Beer!!".

Dilansir Liputan6.com, klaim foto jalan bernama Habib Rizieq adalah tidak benar. Foto tersebut hasil editan, nama jalan sebenarnya adalah Presiden Joko Widodo yang ada di Abu Dhabi, baru saja diresmikan yang dimuat situs jatimtimes.com, pada 20 Oktober 2020.

Sumber: 

https://www.kominfo.go.id/content/detail/30385/disinformasi-foto-jalan-bernama-habieb-rizieq-tak-bisa-pulang/0/laporan_isu_hoaks

Link Counter:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4390390/cek-fakta-tidak-benar-foto-jalan-bernama-habieb-rizieq-tak-bisa-pulang

https://www.jatimtimes.com/baca/226631/20201020/102600/presiden-jokowi-dijadikan-nama-jalan-di-abu-dhabi-baru-saja-diresmikan

Lebih baru Lebih lama