Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Sosialisasikan Budidaya Tanaman di Polybag

JAKARTA - Sebagai program ketahanan pangan di perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas Yonarmed 3/105 Tarik melakukan sosialisasi bercocok tanam menggunakan media polybag kepada masyarakat Desa Netemnanu Utara di Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, NTT (20/02/2021).



Disampaikan oleh Dansatgas Yonarmed 3/ 105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han). bahwa menjaga ketahanan pangan nasional bisa dimulai dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan lahan di sekitar tempat tinggal. Diantaranya, menanam sayuran melalui media polybag, yang nantinya dapat menjadi sumber pangan yang sehat bagi masyarakat.

“Selain untuk kebutuhan sehari-hari, tanaman di polybag itu menciptakan ruang hijau yang produktif dan membuat hunian menjadi indah serta lebih ramah lingkungan,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam sosialisasi yang dilakukan personel Pos Oepoli Tengah itu, diajarkan cara mengolah tanah yang akan menjadi media tanam dengan mencampurkan tanah kebun, pupuk kompos dan pasir. Juga dibagikan beberapa bibit tanaman secara gratis kepada masyarakat. 


BACA JUGA:
Jalin Sinergitas, Media Realita News Kunjungi Kanit Lantas Polresta Banyumas


“Harapannya dapat dicoba di rumah masing-masing, dan menjadi kegiatan produktif yang memicu kreativitas dan rasa senang di dalam diri, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Dansatgas.

Landis Kurbafe (46) seorang warga yang mengikuti penyuluhan itu, mengaku tertarik mencoba budidaya tanaman dan sayuran di polybag.

“Akan saya praktikkan di rumah. Supaya tidak perlu jauh-jauh ke pasar untuk kebutuhan sayuran. Dan bisa dijual untuk menambah penghasilan,” katanya. ***




Lebih baru Lebih lama