Tim Teknik ORARI Lokal Banjarnegara Ciptakan Long Range Warning System Berbasis Satelit


BANJARNEGARA - Havid Adhitama  YD2CLX dan Arifin Santoso YC2SAT dari Tim Teknik ORARI Lokal Banjarnegara berhasil merancang suatu alat berbasis satelit yaitu YH2AE LoRA Warning System yang terinspirasi dari kejadian tanah longsor di Banjarnegara beberapa waktu lalu. 


Hal ini merupakan prestasi membanggakan yang telah dipublikasikan oleh ORARI Daerah Jawa Tengah (14/3). 


Menurut Havid Adhitama dan Arifin Santoso sebagai pencipta, YH2AE LoRA Warning System dibuat dengan mengadopsi cara kerja satelit LoRA yang diterapkan pada medan teresterial yang dapat mengirimkan data pemantauan dari lokasi terpencil sekalipun tanpa ketergantungan jaringan internet karena memiliki kapasitas yang baik untuk komunikasi data melalui radio.


LoRa dibuat dan bekerja pada frekuensi 433MHz, 868MHz (khusus Eropa), 915MHz (Australia dan Amerika Utara), 865 MHz – 867 MHz (India) dan 923 MHz (Asia). Untuk frekuensi 433MHz berlaku bagi semua negara khususnya bagi para Amatir Radio.


LoRa (Long Range) radio dengan teknologi berdaya rendah (low power) komunikasi data menjadi lebih efisien dan mempunyai daya jangkau yang jauh karena sistem modulasi digital CSS (Chirp Spread Spectrum). Dengan kelebihannya teknologi ini cocok untuk jaringan sensor.


BACA JUGA:
Tim Penyidik Lakukan Penggeledahan Terkait Dugaan Tipikor Pengelolaan APBD Kec. Purbalingga


Alat pemantau tanah longsor ini akan lebih dari satu dan membentuk jaringan sensor tanah longsor di mana sensor tersebut akan mengirim data ke pusat melalui LoRa, dan di pusat akan diolah menggunakan software yang akan dikembangkan sebagai pemantau sentral. Perpaduan Hardware dan Software ini akan dikembangkan oleh lokal Banjarnegara.


Dalam pengembangan YH2AE LoRA Warning System ke depan data dan notifikasi dapat diakses oleh masyarakat di manapun berada melalui aplikasi ponsel yang diintegrasikan menjadi Bot otomatis.


Selain dapat diakses masyarakat data tersebut juga dapat diinterpretasikan oleh instansi yang berwenang untuk menentukan langkah mitigasi bencana tanah longsor di Banjarnegara.


Tim Teknik ORARI Lokal Banjarnegara saat audience untuk mempresentasikan temuan alat ini dengan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Bupati berjanji Pemerintah Kabupaten akan mendukung penuh alat pemantau longsor berbasis satelit / YH2AE LoRA Warning System ini. ***







Lebih baru Lebih lama