Ditlantas PMJ siapkan ajang kompetisi balap motor untuk generasi muda

Jakarta, Media Realita News - Harus diakui minat dan animo balap motor di generasi muda sangat tinggi tapi karena ketiadaan arena sirkuit mereka melampiaskan hobinya di jalan raya. Padahal aksi itu sangat berbahaya bukan hanya untuk dirinya tapi juga untuk pengguna jalan lain.

Azmi Hidzaqi Kordinator LAKSI (Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia) mendukung langkah Polda Metro Jaya yang akan memfasilitasi balapan resmi untuk generasi muda di Jakarta sehingga tidak ada lagi balap liar yang terjadi di jalanan. Dengan solusi seperti ini diharapkan menghilangkan dan meminimalisir pengaruh negatif aksi balap liar di jalan. 

"Kami mengapresiasi rencana kegiatan yang diinisiasi Direktorat Lalu Lintas Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo bersama dengan tenaga ahli yang telah melakukan survei kelayakan balapan di kawasan wisata Ancol dengan membuat event balapan resmi sepeda motor dengan tema street race yang akan dijadwalkan mulai 15 Januari 2022", katanya.

Pihaknya yakin ajang balapan di Ancol akan mendatangkan manfaat untuk pendapatan asli daerah, karena akan berkonsep oto bazar yang artinya di dalam balapan juga ada pertunjukan, bazar, hingga kuliner.  Selain itu juga Ditlantas PMJ akan menyiapkan jalur ambulance, safety dan perangkat  pendukung lainnya.

"Jika ada wadah  yang disediakan oleh Ditlantas PMJ yang permanen, maka hak-hak pengguna jalan akan terpenuhi. Selain sebagai ajang pembinaan terhadap generasi muda, juga untuk menarik wisatawan domestik agar datang berkunjung ke Ancol untuk menyaksikan event balap resmi," katanya.

Dengan ketersediaan infrastruktur pendukung yang memadai untuk  balapan resmi di Ancol, hal ini akan menghasilkan potensi ekonomi dan dukungan finansial yang besar dari berbagai sponsor. Maka rencana ini selayaknya didukung masyarakat karena  memberikan solusi dan manfaat bagi pembinaan olah raga balap motor. 

Ditlantas juga akan  memberikan fasilitas berlatih dan pembinaan balap berjenjang untuk mencetak prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang kompetisi balap bergengsi. Di harapkan para pelaku balap liar tidak lagi menggelar aksi balap liar di jalan raya, hingga menutup arus lalu lintas.***
Lebih baru Lebih lama