Madrasah Ma'arif NU Banyumas Dibekali Bimbingan Telaah Instrumen Akreditasi

Purwokerto, Media Realita News - Menjelang masa reakreditasi madrasah dan sekolah sasaran tahun 2022, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar bimbingan dan latihan telaah instrumen akreditasi satuan pendidikan (IASP). Bimbingan ini bagian dari upaya memberikan pembekalan dan persiapan menghadapi reakreditasi madrasah dan sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU yang digelar secara tatap muka di Aula MI Darul Hikmah Bantarsoka, Purwokerto (23/6/2022). 

Wakil Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Siti Asiyah, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan, madrasah dan sekolah sasaran reakreditasi tahun 2022 berjumlah 57 lembaga dengan rincian 38 MI, 12 MTs, 4 SMP, 1 MA, dan 2 SMK.  Semua akan mendapatkan informasi dan bimbingan teknis terkait perubahan dan pembenahan IASP pada madrasah dan sekolah.

“Bimbingan dan telaah IASP dilaksanakan untuk membekali kepala, wakil kepala dan guru madrasah / sekolah dalam memahami struktur instrumen akreditasi sehingga satuan pendidikan lebih siap dan lengkap dalam memenuhi setiap standar yang dipersyaratkan,” terangnya.

Menurutnya, seluruh komponen dalam akreditasi minimal dapat memenuhi standar kelayakan dalam pelayanan pendidikan. Melalui latihan telaah IASP secara kolektif, lanjut Asiyah, akan memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi dalam memahami setiap komponen akreditasi.

“Melalui telaah IASP ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi dalam menyiapkan instrumen yang dipersyaratkan sehingga satuan pendidikan Ma’arif NU akan lebih paham dan mampu memenuhi semua standar dalam akreditas,” pungkas Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas tersebut.***
Lebih baru Lebih lama