Sertifikasi Tenaga Kerja BRI Coporate University

Jakarta, Media Realita News - Dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, Bank Rakyat Indonesia, BRI Coporate University melaksanakan sertifikasi kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Sumber Daya Manusia Tekhnologi Informasi dan Kreatif (LSP SDM TIK). Pelaksanaan sertifikasi oleh LSP SDM TIK untuk staf dan karyawan BRI Corporate University ini khusus untuk skema designer multi media madya. 

Pelaksanaan uji kompetensi tenaga kerja BRI Coporate University ini cukup berhasil karena seluruh peserta dinyatakan kompeten dan berhak menerima sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sertifikat kompetensi yang diperoleh staf dan karyawan BRI Corporate University setelah dinyatakan kompeten ini diserahkan langsung oleh salah satu Komisioner BNSP Bonardo Aldo Tobing di gedung BRI Coporate University di Jakarta, (22/6/2022).

Para peserta yang dinyatakan lulus dan menerima sertifikat antara lain; Andi Prasetyo, Ari Eko Yudianto, Chandra Nasuha, Gabela Noviatri, Harry Widodo, Ilham Aryandi dan Revina Bayu Putri.

Dalam kesempatan ini Komisioner BNSP Aldo mengatakan, melalui LSP terlisensi pihaknya terus mendorong percepatan sertifikasi kompetensi di berbagai sektor. “Yang diprioritaskan adalah sektor bidang multimedia karena terdampak covid 19,” ujar Aldo. 

Aldo juga menambahkan, pihaknya mengapresiasi kepedulian BRI Coporate University yang selalu memastikan tenaga kerjanya di bidang multimedia berkompeten.

Aldo juga menegaskan, sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh LSP SDM TIK yang terlisensi BNSP adalah sertifikat yang diakui oleh negara. “Maka dari itu tugas kita bersama agar sertifikat tersebut mendapatkan tempat di dunia kerja dan di dunia Indutri. BNSP memastikan penjaminan mutu dalam menjalankan sistem sertifikasi kompetensinya melalui LSP yang terlisensi oleh BNSP,” pungkasnya.

Dalam acara penyerahaan sertifikat, Pgs. Division Head BRI Corporate University Fithria Mulyandari menjelaskan, bahwa BRI Coporate University saat ini fokus memberikan pendidikan bagi seluruh tenaga kerja BRI dan mendukung peningkatan kompetensi di bidangnya. 

“Kami akan memberikan pendidikan kepada seluruh tenaga kerja di BRI dan sekaligus mengikutsertakan dalam pelaksanaan uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat, khususnya dari LSP SDM TIK yang terlisensi BNSP,” terang Fithria. 

Ia menambahkan, pelaksanaan sertifikat tersebut bertujuan sebagai pengakuan dari negara terhadap tenaga kerja BRI. “Tentunya tenaga kerja kami dijamin kompeten di bidangnya dan hal tersebut akan sangat berguna bagi penerima sertifikat,” ujarnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Direktur Cyber Media Center (CMC) Ardian Elkana memberikan semangat dan ucapan selamat kepada tenaga kerja BRI Coporate University yang telah menerima sertifikat kompetensi dari BNSP melalui LSP SDM TIK.  

Sebelumnya tenaga  kerja yang mengikuti sertifikasi kompetensi ini telah dilatih oleh instruktur dari Cyber Media Center tentang peningkatan kualitas dan kompetensi di bidang Multimedia sesuai dengan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Sementara Soegiharto Santoso selaku Dewan Pengarah LSP SDM TIK menyatakan, pihaknya selalu mengikuti arahan dan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh BNSP. “Para peserta yang telah dinyatakan kompeten oleh asesor penguji dapat dipastikan berkompeten di bidangnya masing-masing,” katanya. 

LSP SDM TIK akan mengembangkan skema-skema yang dibutuhkan untuk dunia kerja dan dunia industri. Sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) pihaknya akan menggerakkan 29 DPD dari Aceh hingga Papua untuk menyelaraskan ruang lingkup kegiatan organisasinya dengan Visi LSP SDM TIK.  

“LSP SDM TIK harus menjadi LSP yang terpercaya dalam membangun SDM di Indonesia yang siap menyambut era convergence berdasar teknologi IT dan teknologi industri kreatif,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan penyerahaan sertifikat yaitu Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi BRI Ismanto. Bank BRI sendiri merupakan Bank pertama di Indonesia yang memiliki LSP yang sudah terlisensi BNSP.

Ismanto mengatakan, BRI fokus dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang diperlukan, sehingga membentuk LSP untuk mengoptimalkan daya saing insan brilian yang unggul dan memiliki kompetensi dalam menjalani segala pekerjaan. 

Ia juga mengucapkan selamat kepada tenaga kerja BRI Corporate University yang telah mendapatkan sertifikat kompetensi dan berharap sumber daya manusia BRI Coporate University yang mendapatkan sertifikat tetap menjaga kualitas kerja serta meningkatkan kompetensi. ****
Lebih baru Lebih lama