Peduli Lingkungan Hidup, Kodim 0725/Sragen, Tanam Ratusan Pohon Jambu Mete. Selamatkan Ratusan Sumber Mata Air

SRAGEN - Media Realita News.com. Kodim 0725/Sragen kembali melaksanakan kegiatan reboisasi dan penghijauan di Dk. Genengsari, Ds. Bagor Kec. Miri, Kab. Sragen. Kali ini Kodim memilih pohon jambu mete untuk ditanam di lokasi tersebut karena Jambu mete alias jambu Mede atau juga disebut jambu monyet tersebut dinilai cocok ditanam di Desa tersebut. Sebanyak 200 pohon di tanam di tanah lahan kas Desa seluas 4000m. Selasa, 14/02/2023.


Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P menyampaikan apresiasi positif dan ucapan terima kasih kepada segenap pihak atas kepedulian dan kerja sama, dalam upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan di Kec. Miri khususnya di Ds. Bagor, melalui gerakan menanam. 


Pada kesempatan tersebut Dandim mengajak kepada yang hadir dalam acara penanaman pohon untuk selalu 

menjaga bumi, dimulai dengan menjaga kehijauan lingkungan yang ada di sekitar rumah dengan melakukan hal yang sederhana namun sangat bermanfaat bagi semua serta menjaga ekosistem dan lingkungan terutama demi menjaga ketersediaan air didalam tanah.


"Mudah-mudahan program penghijauan lingkungan ini, mampu ditangkap dan ditanggapi positif oleh masyarakat Kec. Miri dan sekitarnya, beserta para pihak yang terkait, sehingga kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi upaya konservasi lingkungan di Kabupaten Sragen secara umum maupun di Kec. Miri khususnya"


"Saya berharap, kegiatan menanam ini nantinya dapat ditindaklanjuti secara terintegratif dan berkelanjutan, serta dikawal dan diawasi dengan seksama, sehingga upaya-upaya konservatif lingkungan, benar-benar tepat sasaran, bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, tidak sekedar formalitas semata, dan tidak menjadi program yang sia-sia"


"Kali ini mungkin baru ratusan pohon yang akan ditanam di sekitar kawasan Kec. Miri, namun ke depan dari ratusan pohon tersebut, dapat menyelamatkan ratusan mata air yang berguna bagi ribuan penduduk di Kec. Miri ini" Tegas Dandim.


Lebih lanjut Dandim Alumni Akmil 2003 menjelaskan beberapa manfaat dari penghijauan lingkungan yaitu Membantu mengurangi polusi udara, Mengurangi dampak perubahan iklim, Meningkatkan kesehatan fisik, Memberikan perlindungan dari panas matahari, Menjaga kesehatan mental, Sebagai rumah bagi satwa liar dan Menyimpan cadangan air.


Mengakhiri Sambutannya Letkol Inf Yoga berpesan agar pelestarian kawasan hijau yang ada di Ds. Bagor Kec. Miri, kegiatan penanaman pohon beserta pemeliharaannya juga harus menjadi agenda rutin bagi seluruh jajaran Pemerintah Kec. Miri maupun wilayah lainnya, karena hal ini sangat berpengaruh pada kelestarian dan kerindangan kawasan ini.


Acara dilanjutkan penanaman pohon mete secara simbolis oleh Dandim Sragen bersama Ali Rahmanto (Camat Miri), Letda Inf Suparno (Pgs Danramil Miri), AKP Suyono, SH (Kapolsek Miri), Teson CEO PT. Berlian Makmur dan lain lain. ***


(SRIYADI)

Lebih baru Lebih lama