𝐋𝐮𝐚𝐫 𝐁𝐢𝐚𝐬𝐚..! 𝟑. 𝟎𝟗𝟓 𝐒𝐢𝐬𝐰𝐚, 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐢𝐤𝐮𝐭𝐢 𝐔𝐊𝐓 𝐒𝐚𝐛𝐮𝐤 𝐇𝐢𝐣𝐚𝐮 𝐊𝐞 𝐒𝐚𝐛𝐮𝐤 𝐏𝐮𝐭𝐢𝐡 𝐝𝐢 𝐏𝐚𝐝𝐞𝐩𝐨𝐤𝐚𝐧 𝐒𝐇 𝐓𝐞𝐫𝐚𝐭𝐞 𝐂𝐚𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐒𝐫𝐚𝐠𝐞𝐧 𝐏𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐌𝐚𝐝𝐢𝐮𝐧

 

𝐒𝐑𝐀𝐆𝐄𝐍, 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬𝐜𝐨𝐦 - Sebanyak 3.095 siswa Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Sragen Pusat Madiun telah mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) sabuk hijau ke sabuk putih. Kegiatan ujian kenaikan tingkat ini dilaksanakan selama tiga malam di Padepokan SH Terate Cabang Sragen Pusat Madiun yang berada di Desa Patihan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen. Jum'at (15/3/2024). Pukul 20.30 WIB sampai selesai.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua SH Terate Cabang Sragen Kangmas Sunanto, dan Kangmas Edy Indriyanto, S.Pd selaku Ketua Dewan SH Terate Cabang Sragen, beserta seluruh Jajaran Kangmas Wiro Anom pengurus SH Terate Cabang Sragen, Para Ketua Ranting SH Terate se-Cabang Sragen dan Warga SH Terate dari berbagai ranting di Cabang Sragen, Seluruh Anggota Keamanan Pamter SH Terate Cabang Sragen.

Dan juga tidak ketinggalan dari jajaran gabungan Anggota Polres Sragen, Polsek Sidoharjo dan Kodim Sragen juga ikut serta menjaga ketertiban dan keamanan atas kegiatan pelaksanaan UKT sabuk hijau keputih di Padepokan SH Terate Cabang Sragen.


Kangmas Sunanto, selaku Ketua SH Terate Cabang Sragen Pusat Madiun menyampaikan bahwa kenaikan tingkat sabuk hijau ke sabuk putih ini merupakan agenda rutin yang sudah masuk dalam program Cabang dan setelah adik siswa ini naik tingkat ke sabuk putih akan dilanjutkan untuk persiapan pemusatan ataupun persamaan untuk menuju pengesahan.


“UKT ini memang sudah masuk agenda rutin Cabang yang selalu kita adakan menjelang memasuki bulan Ramadhan, dengan harapan setelah naik keputih siswa ini akan kita bina sampai waktunya pengesahan nanti, ”Ujarnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kangmas Karjo saat ditemui juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 3.095 siswa anggota calon warga baru SH Terate dari 20 ranting se-Cabang Sragen. 


Dimulai pada hari Jum'at 15 Maret 2024 malam diikuti dari 7 ranting, yaitu ranting gemolong, ranting miri, ranting kalijambe, ranting sumberlawang, ranting mondokan, ranting plupuh, ranting Tanon. 


Selanjutnya hari sabtu 16 Maret 2024 malam juga diikuti 7 ranting, yaitu ranting kedawung, ranting sambirejo, ranting gesi, ranting sukodono, ranting sragen kota, ranting sidoharjo, ranting masaran.


Terakhir penutupan pada hari Minggu 17 maret 2024 malam yang diikuti dari 6 ranting, yaitu ranting ngrampal, ranting gondang, ranting karangmalang, ranting tangen, ranting sambungmacan, ranting jenar.


Dan dimana sebelumnya para siswa ini telah mengikuti beberapa syarat prosedur materi di organisasi SH Terate. 


Ujian Kenaikan Tingkat ini juga mengajarkan dari berbagai macam jurus, mental, fisik dan juga jasmani rohani para calon warga SH Terate, yang semuanya harus mereka lalui.


“Sekarang lebih ke arah pendewasaan para siswa, artinya kita didik adik-adik kita ini supaya kelak nanti menjadi warga SH Terate yang dalam bermasyarakat dia bisa ngayomi dan memayu hayuning bawono kepada masyarakat,” paparnya.


Juga tidak ketinggalan pada waktu puncak selesai acara UKT lalu dilanjutkan Kerohanian yang dipimpin langsung oleh Sesepuh SH Terate Cabang Sragen, Kangmas Paiman dan Kangmas Nur kayat.


Kerohanian:


Kangmas Nur Kayat bersama Kangmas Paiman juga menyampaikan pada saat UKT tingkat hijau keputih di malam bulan ramadhon ini, makna dan inti kandungan bermaksud adalah memantapkan rohani keagamaan serta UKT untuk mempersiapkan adik-adik siswa masuk tingkat putih persiapan calon warga baru thn 2024.


Membangun jiwa kerohanian merupakan hal yang penting. Sebab, kerohanian dapat menciptakan keseimbangan antara raga dan jiwa. Tanpa kerohanian, seseorang bisa saja menjadi sombong dan suka pamer.


Oleh karena itu, SH Terate menjadikan kerohanian sebagai bagian dari panca dasar. Sehingga, siswanya berbudi luhur dan tidak tenggelam dalam kesombongan." Pungkasnya.


(Sriyadi)

Lebih baru Lebih lama