Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca dari TNI AU - BPPT Tebar Garam untuk Kurangi Intensitas Hujan di Jabodetabek

JAKARTA - Cuaca ekstrim yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), pekan ini,  mengakibatkan sebagian wilayah di Jabodetabek dilanda banjir. Agar banjir tidak meluas, sebanyak 800 Kg garam (NaCl) ditebar dari udara dalam operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang diadakan oleh TNI AU dan BPPT pada Minggu (22/2/2021). 



Pesawat TNI AU jenis C-212 Cassa A-2105 Skadron Udara 4 Lanud Abdulrahkman Saleh Malang, melakukan penyemaian garam pada ketinggian 9.500 ft. Pesawat yang diterbangkan Kapten Pnb Wanto dan Lettu Pnb Adam/Lettu Pnb Syarif, menyemai NaCl di area Selat Sunda, laut jawa (utara Jakarta) dan pesisir Sumatera Selatan dekat Lampung.

Operasi ini menurut Puspen TNI AU adalah dalam rangka menghalau awan berpotensi hujan agar jatuh di laut sehingga musibah banjir di wilayah Jabodetabek dapat diminimalisir.

Operasi TMC kembali akan dilanjutkan pada Senin (22/2/2021) dengan mengerahkan dua pesร wat yaitu jenis CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan pesawat C-212  Cassa Skdron Udara 4 Lanud Abd. Saleh Malang. ***




BACA JUGA:
Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Sosialisasikan Budidaya Tanaman di Polybag



Lebih baru Lebih lama