Special Call ORARI Lokal Banyumas Meriahkan Hari Jadi Kab. Banyumas Ke-450

PURWOKERTO - Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Banyumas ke-450 Organisasi Amatir Radio Lokal Banyumas (ORARI Lokal Banyumas) mengadakan Special Call Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-450 tahun dengan Call Sign 8A450BMS.



Kegiatan Special Call Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-450 tahun dibuka oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein yang merupakan Pembina ORARI Lokal Banyumas dengan call sign atau nama panggilan udara YD2JRM di kantor Sekretariat ORARI Lokal Banyumas, Jl. HM Bachroen 43 Purwokerto, 27 Februari 2021.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan dengan menjaga protokol kesehatan ini hadir pula Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiono ORARI Lokal Banyumas call sign YG2SDW, Ir. YB. Praharto, M.Eng. Ketua ORARI Daerah Jawa Tengah call sign YB2BZ, Kepala Dinas Perhubungan Banyumas Agus Nur Hadie ORARI call sign YD2PHB dan Yayah Setiyono Kepala Dinas Kominfo Banyumas.

BACA JUGA:
Barang Rampasan Senilai Rp55 Miliar Diserahkan KPK kepada TNI AL

Dalam sambutannya Bupati mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan Banyumas lebih dikenal di tingkat nasional dan internasional sebagai tujuan wisata sehingga mendorong majunya perekonomian warga Banyumas. 

Sambutan disambung dengan panggilan pertama ke stasiun-stasiun radio amatir baik nasional dan internasional (DX Station) di band High Frequency (HF) 40 meter dengan frekuensi 7.125 MHz dengan mode SSB.

Ketua ORARI Lokal Banyumas Dr. dr. Muhamad Rifqy Setyanto, Sp.M (K) call sign YC2ILU menyampaikan bahwa selain untuk memperingati Hari Jadi Kab. Banyumas, kegiatan ini juga sebagai jang pelaksanaan program kerja pengurus ORARI Lokal Banyumas tahun 2021, sebagai sarana pembinaan anggota meningkatkan ketrampilan secara progresif di bidang komunikasi radio, mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan sesama amatir radio baik di tingkat nasional maupun internasional.

BACA JUGA:
Menikmati Pagi di Alun-alun Purwokerto

Sementara A.B.Setiawan anggota ORARI Kabupaten Banyumas call sign YC2NET dalam keterangan melalui pesan tertulis kepada Media Realita News mengatakan bahwa Special Call merupakan komunikasi dengan perangkat radio komunikasi di jalur frekuensi amatir radio baik pada pita 2 meter, 80 meter, dan 40 meter menggunakan moda suara maupun moda data. Untuk moda data ditambah pada jalur 20,15 dan 10 meter band.

Special Call telah dimulai sejak 26 Februari 2021 untuk pita 2 meter, sedang untuk pita 40 meter dimulai 27 Februari 2021. ***



BACA JUGA:
Konsep Madrasah Digital untuk Optimalkan Pembelajaran Daring



Lebih baru Lebih lama