Hari Air Sedunia, Ribuan Benih Ikan Ditabur di Sungai Banjaran


PURWOKERTO - Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Serayu Citanduy menabur ribuan benih ikan ditabur di aliran sungai banjaran di Desa Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, Senin (22/3/2021) pagi. Ratusan bibit pohon juga ditanam di area bantaran sungai tersebut. Total ada 2 ribu benih ikan dan seratus bibit pohon alpukat.


Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Serayu Citanduy, Sukamta, seperti dilaporkan oleh KBRN Purwokerto mengatakan ada empat kegiatan yang dilakukan untuk memperingati Hari Air Sedunia yaitu penebaran benih ikan di sungai, penanaman pohon, pembuatan geopori dan diskusi langsung dengan masyarakat. Peringatan Hari Air Sedunia pada tahun ini mengusung tema “Mengelola Air Menjaga Kehidupan”. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan bersih-bersih area sungai.


“Mudah-mudahan bisa terawat, terjaga dan ikan-ikan bisa hidup dengan baik. Masyarakat saya harap juga bisa memelihara. Tidak menyetrum, meracuni. Bolehnya hanya dipancing saja,” imbuhnya.



Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banyumas, Irawadi mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut dapat memacu masyarakat untuk lebih memperhatikan air.


“Intinya supaya masyarakat kita perhatian kepada air. Karena air merupakan inti kehidupan kita,” ungkapnya. ***





Lebih baru Lebih lama