Pembinaan dan sosialisasi untuk para petani Kebumen


KEBUMEN - Pembentukan P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya) diadakan pada Selasa (28/03/2021) di Sekretariat P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan) Desa Candiwulan Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen.


P4S adalah Swadaya kelembagaan pelatihan dengan metode pemagangan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki dan dikelola pelaku utama dan pelaku usaha secara swadaya perorangan dan kelompok. 


Acara dibuka oleh Maryanto selaku ketua P4S Jawa Tengah. Acara ini dilakukan guna memberikan gambaran dan cara pembentukan P4S kepada kelompok tani yang progresif sehingga di Kota Kebumen terbentuk P4S yang baru, sesuai harapan Dinas Pertanian untuk kekuatan sandang pangan.


BACA JUGA:
[Cek Fakta] Anggota intel jadi pelaku bom gereja Katedral Makassar? Ini faktanya


Pelatihan petani diharapkan berperan dalam pembangunan pertanian, pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk pelatihan bagi petani dan masyarakat di wilayah masing masing.


Acara dihadiri Dr. Agus. W. Anggara S.Si,M.Si dari KSPHP Puslitbang Tanaman Pangan Bogor, Evi ayunita, SH.MH dari Staff ahli DPR RI komisi IV Jakarta, Kadis tanaman Pangan Kabupaten Kebumen, Ketua dan jajaran pengurus Forum Komunikasi Jateng.


Menurut Ketua P4S Jawa Tengah Maryanto menyampaikan, P4S itu sendiri bukan sekadar menitikberatkan sektor pertanian tapi juga sektor lain contohnya usaha budidaya jamur, usaha pupuk organik dan usaha mikro lainnya. 


BACA JUGA:
Koramil 20/ Buayan salurkan bantuan sembako bagi para warakawuri


"Jadi intinya P4S merupakan lembaga swadaya masyarakat yang ada atau tidak ada bantuan Pemerintah tetap bisa berjalan dan terbentuk," terangnya. 


Lebih lanjut ia menambahkan P4S sejak awal berdiri tahun 2005 sampai sekarang aktif bekerja secara swadaya. 

Kusmiadi

Lebih baru Lebih lama