Hari Sumpah Pemuda, Bendera Merah Putih 1000 m dibentangkan di Kebumen

KEBUMEN - Bendera Merah Putih Sepanjang 1000 M dikibarkan di Desa Banjarejo Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021.

Ardi Solehudin Ketua Lidik Krimsus RI Kabupaten Banyumas yang menyaksikan kegiatan itu mengatakan, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini berbagai elemen masyarakat ikut serta membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1000 m di sepanjang jalan Desa Banjarejo (28/10).

Sebelumnya, para peserta berkumpul di lapangan desa setempat mengikuti upacara peringatan Sumpah Pemuda dan doa bersama.

Pembentangan Merah Putih diawali dengan iring-iringan warga yang membawa berbagai wayang raksasa dengan diiringi lagu-lagu perjuangan. Warga masyarakat sekitar, anak-anak, pemuda pemudi sampai orang tua ikut serta dalam pelaksanaan.

Ardi Solehudin yang juga Pimpinan Redaksi Media Realita News menyampaikan bahwa kehadirannya  untuk memenuhi undangan dari panitia kegiatan bhari Sumpah Pemuda tersebut.

"Hari ini momentum yang bersejarah kita sebagai bangsa yang besar. Kita harus menghomargai perjuangan para pahlawan kita. Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 1000 m merupakan wujud kebanggaan terhadap Sang Saka Merah Putih, yang harus terus ditunjukkan pada generasi penerus negeri. Ini juga salah satu ukiran sejarah bagi warga Kebumen terutama warga masyarakat Desa Banjarejo yang berperan serta dalam kegiatan membentangkan bendera Merah Putih," kata Ardhi.

Salah satu peserta aksi Pengibaran Bendera Merah Putih mengaku sangat senang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan.

"Saya mengapresiasi, karena kegiatan pengibaran bendera merah putih ini mengugah rasa persaudaraan, persahabatan, gotong royong dan Kebersamaan. Selain itu kegiatan ini menguatkan rasa persatuan dan kesatuan", ujarnya.

Momen Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 1000 m ini juga mendapatkan dukungan dari para keturunan Kerajaan di Cirebon, Surakarta, Yogyakarta, Malang, dan lainnya. Sebelumnya pengibaran bendara Merah Putih sepanjang 1000 m juga pernaklh digelar di kawasan Kawah Candradimuka Wonosobo. ***
Lebih baru Lebih lama