Penyerahan hasil TMMD ke-110 Kodim 0702/ Purbalingga


PURBALINGGA - Danrem 071/ Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P. selaku Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan menghadiri penyerahan hasil TMMD ke-110 Kodim 0702/ Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Pemkab Purbalingga (31/3/2021).


Hasil pelaksanaan program TMMD ke-110 ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima dan serah terima naskah dari Dandim 0702/ Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas selaku Dansatgas TMMD kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ., M.M.


Danrem 071/ Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., mengungkapkan program TMMD merupakan upaya membantu Pemerintah Daerah mengakselerasi pemerataan pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan tujuan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.


BACA JUGA:
Polda Jateng pantau tempat ibadah, wisata, perbelanjaan, dan keramaian


"TMMD ini dalam rangka mendukung percepatan pembangunan pedesaan dan sekaligus sebagai wahana mempertahankan dan memupuk semangat tradisi dan budaya bangsa, semangat gotong royong masyarakat", terangnya. 


Dikatakannya, kegiatan fisik TMMD menjadi daya dukung peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah pedesaan. Selain itu, kegiatan TMMD memberikan manfaat bagi masyarakat. Sedangkan kegiatan non fisik, sebagai wahana dan sarana efektif dalam pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.


“Dengan adanya TMMD, masyarakat mempunyai daya untuk mandiri ekonomi sekaligus daya tangkal kuat atas berbagai potensi ancaman dan gangguan yang membahayakan kondusifitas wilayah bagi tegaknya NKRI”, terangnya.


BACA JUGA:
Panen Raya di Desa Tanjung Anom


Terkait telah dirampungkannya TMMD 110, Danrem 071/ Wijayakusuma menyampaikan bahwa TMMD tidak hanya dilihat dari keberhasilannya saja, namun lebih dari itu sebagai wahana perwujudan kebersamaan antara TNI dengan masyarakat untuk bahu membahu membangun wilayah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sebagai wujud kemanunggalan TNI-Rakyat.


“Hasil TMMD ini harus dipelihara dan dijaga, jangan sampai bangunan yang sudah bagus ini dirusak atau dikotori serta tidak digunakan sebagaimana fungsinya. Dalam merawat ataupun menjaga, tidak hanya masyarakat yang ada di wilayah pelaksanaan TMMD, tetapi juga dilaksanakan oleh aparat kewilayahan setempat. Aparat kewilayahan harus bersinergi menjaga dan merawat hasil pembangunan TMMD ini”, paparnya.


Danrem juga mengapresiasi segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan Satgas TMMD maupun semua pihak yang terlibat membantu  TMMD. Danrem juga menegaskan kesiapan jajarannya untuk membantu dan diterjunkan melaksanakan berbagai pembangunan lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.


BACA JUGA:
Polda Jabar jamin pasokan BBM aman pasca kilang terbakar


Danrem mengatakan, bahwa keberhasilan ini tidak terlepas adanya kerja sama dari pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kementerian terkait dan partisipasi segenap komponen masyarakat. "TMMD ini bagian dari bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat," tegas Danrem.


Selain itu, Danrem juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung keberhasilan program TMMD Ke-110, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di sekitar wilayah pelaksanaan TMMD.


Terkait dengan masa pandemi Covid-19, Danrem mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hingga saat ini, pandemi Covid-19 di Purbalingga khususnya belum menunjukkan akan berakhir. Untuk itu aparat Pemda, Prajurit TNI dan Polri agar tidak pernah bosan mengedukasi masyarakat agar lebih peduli dan mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19", harapnya.***

Lebih baru Lebih lama